acro

بِسْمِ اللهِ الرَّحْمنِ الرَّحِيْمِ
اسَّلآمُ عَلَيْكُمْ وَرَحْمَةُ اللهِ وَبَرَكَاتُهُ

Sesungguhnya penulisan lafadz Bahasa Al Quran menjadi tulisan non-Arab tidak sepenuhnya dapat terpenuhi; misalnya, lafadz Yaasiin; penulisan seperti ini tidak sepenuhnya bisa mewakili tanda baca yang berlaku dalam sistem Tata Bahasa Arab (Lughot). Lafadz Yaa dibaca tujuh kharkat sedangkan lafadz siin memiliki tanda baca yang harus dibaca empat belas kharkat. Karena itu, penulisan Bahasa Arab dalam posting ini merupakan hasil penyesuaian yang mendekati lafadz aslinya. Langkah ini diambil, karena kita tidak memiliki aturan baku mengenai pengindonesiaan tulisan dari Bahasa Arab. Misalnya lafadz اللهِ ditulis menjadi Allah dengan dua huruf (l) dan satu huruf (a) diberi garis bawah. Demikian juga lafadz رسولِ لِّلّهِ dituliskan menjadi Rasulullah, menggunakan dua huruf (l) dan satu huruf (a) diberi garis bawah. Sedangkan untuk pencarian dalam sistem internet, tidak memungkinkan meletakkan penyebutan tersebut ke dalam kotak pencarian, sehingga tetap menggunakan dua huruf (l) dan cukup  menggunakan satu huruf (a).

Untuk memudahkan penulisan dengan mempertimbangkan kepraktisan, dalam web ini digunakan beberapa akronim; penjelasan selengkapnya adalah sebagai berikut :

Tertulis س adalah akronim dari Subkhanallahu wa Ta`ala artinya Yang Maha Suci dan Maha Tinggi.
Tertulis ص adalah akronim dari Shallallahu `Alaihi wa Salam artinya shalawat dan salam bagi Rasulullah.
Tertulis ع adalah akronim dari `Alaihis Salam artinya Semoga keselamatan tercurah bagi Nabi/Rasul selain Rasulullah ص.
Tertulis HR adalah akronim dari Hadis yang diriwayatkan oleh nama yang tertera sesudah akronim ini.
Tertulis ر adalah akronim dari Radhiallahu `Anhu (untuk laki-laki) atau Radhiallahu `Anha (untuk perempuan) artinya semoga ridha Allah س tercurah bagi satu orang periwayat Hadis yang namanya tertera sebelum akronim ini.
Tertulis عنهُما adalah akronim dari Radhiallahu `Anhuma artinya semoga ridha Allah س tercurah bagi dua orang periwayat Hadis, baik laki-laki maupun perempuan yang namanya tertera sebelum akronim ini.
Tertulis عنهُم adalah akronim dari Radhiallahu `Anhum artinya semoga ridha Allah س tercurah bagi lebih dari dua orang periwayat Hadis baik laki-laki maupun perempuan yang namanya tertera sebelum akronim ini.
Misalnya tertulis “QS Al Baqarah (2):19”, maksudnya adalah “kutipan arti dari Al Quran, Surah Al Baqarah, surah nomor 2, ayat nomor 19”.

Demikianlah beberapa akronim yang digunakan dalam artikel pada web ini, semoga dapat mempermudah pemahaman atas beberapa huruf-huruf yang digunakan sebagai sesuatu simbol.

وَاسَّلَا مُ عَلَيكُمْ وَرَهْمَةُ اللهِ وَبَرَ كَا تُهُ
Salam Hormatku dan Keluarga

 

Be the first to start a conversation

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: