027. Ajak Kebaikan is SEDEKAH

Posted on 27/08/2015

0


Gaul Komunitas Islam ep. 027. Kenapa umat seringkali merasa berat bersedekah?. Bahkan Dia berfirman dalam Al Quran, mensinyalir, “Dan di antara mereka ada orang yang telah berikrar kepada Allah, “Sesungguhnya jika Allah memberikan sebahagian karunia Nya kepada kami, pastilah kami akan bersedekah dan pastilah kami termasuk orang-orang yang saleh”. Padahal bersedekah tidak harus dengan harta.

Mathari mengeluh, karena pemerintah kota metropolitan melarang warganya memberi sedekah kepada kaum pengemis yang menadahkan tangannya di jalan-jalan; dalam pandangannya, memberi sedekah di jalanan dapat sedikit menjadi doa keselamatan dalam perjalanan. Ketika bersua Banas di kantor, ditanyakannya bagaimana sedekah yang mudah dilaksanakan, seiring dengan larangan bersedekah di jalanan.

Atas pertanyaan ini, Banas mengemukakan, “Dalam QS An Nisa’ (4):114, terdapat firman Nya,

لاَّ خَيْرَ فِي كَثِيرٍ مِّن نَّجْوَاهُمْ إِلاَّ مَنْ أَمَرَ بِصَدَقَةٍ أَوْ مَعْرُوفٍ أَوْ إِصْلاَحٍ بَيْنَ النَّاسِ وَمَن يَفْعَلْ ذَلِكَ ابْتَغَاء مَرْضَاتِ اللّهِ فَسَوْفَ نُؤْتِيهِ أَجْراً عَظِيماً ﴿١١٤

Arti ayat ini, Tidak ada kebaikan pada kebanyakan bisikan-bisikan mereka, kecuali bisikan-bisikan dari orang yang menyuruh (manusia) memberi sedekah, atau berbuat makruf, atau mengadakan perdamaian di antara manusia. Dan barangsiapa yang berbuat demikian karena mencari ridho Allah, maka kelak Kami memberi kepadanya pahala yang besar. Firman ini menegaskan, sesungguhnya kaum munafik seringkali memberi bisikan kepada kaum muslim, sehingga difirmankan semua bisikan mereka mengajak pada kesesatan. Melalui ayat ini dapat dipetik pembelajaran, cara sedekah yang paling mudah, yaitu mengajak berbuat baik; tetapi jangan dilupakan, ajakan ini harus dilandasi dengan keberimanan kepada Allah س dan Nabi Muhammad Rasulullah ص”. Mendengar penjelasan ini, terdengar gumam lirih Mathari yang mengatakan, “Subkhanallah, jadi kawan saya telah bersedekah, pada saat ia membujukku menyumbang pembangunan masjid”.

Banas mengemukakan, “Tetapi pahala kawanmu itu tergantung pada niat ketika membujukmu; apakah membujuk karena kamu menerima uang rapel atau membujuk dengan dilandasi oleh keinginan orang lain memberi sedekah guna mencari ridho Nya”; Mathari menyela, bagaimana kita tahu motivasi bujukannya? Kemudian Banas menjelaskan, “Motivasi bujukan atau bisikan, tidak perlu dipersoalkan; biar saja berproses seperti air mengalir. Kalaupun kamu memberi sumbangan, karena, katakanlah, termakan bujukannya, maka Allah س juga bisa menilai makna sedekahmu; marilah kita cermati ayat dalam QS Al Insyiqaq (84):23, terdapat firman Nya,

وَاللَّهُ أَعْلَمُ بِمَا يُوعُونَ ﴿٢٣

Artinya, Padahal Allah mengetahui apa yang mereka sembunyikan (dalam hati mereka); ayat ini memberi penegasan mengenai kaum munafiq yang seringkali mengucapkan sesuatu yang tidak sesuai dengan maksud hatinya. Ini bermakna, Allah س Maha Mengetahui semua niat yang tersirat dalam hati yang membujuk dan yang terbujuk untuk bersedekah; berdasar ayat tadi, maka apa yang kamu sedekahkan setelah mendengar bujukan, pahalanya tergantung pada niatmu bersedekah, sekalipun niatmu tersembunyi dalam hati”.

Lalu diteruskan, “Karena itu, cara memberi sedekah yang terbaik adalah disertai dengan niat berdasar keberimanan; niat ini harus diucapkan sesuai dengan kata hatinya. Bila pengucapan sedekah untuk keperluan ini dan itu, lalu dalam hati terbersit niat karena merasa malu bila tak memberi sedekah, maka sedekahmu sia-sia dari meraih pahala di sisi Allah س. Insya Allah seperti itu, karena semua ini landasannya firman Nya yang dibukukan menjadi Al Quran”. Seusai berkata begitu, pertemuan itupun diakhiri; kini keduanya berpisah seiring dengan bergeraknya waktu untuk menunaikan tugas kantornya. Ketika berpisah, Banas wanti-wanti, mengajak pada kebaikan adalah sedekah; tetapi mengajak saja tanpa ikut bersedekah tidak sama mulianya di sisi Allah س. Bagi mereka yang suka mengajak bersedekah, juga masih diuji, ajakannya harus dilandasi keberimanan; begitu juga bagi yang terbujuk bersedekah, memiliki nilai sedekah jika diserai ketulusan dan keihklasan bersedekah untuk meraih ridho Allah س.

Advertisements
Posted in: Public Issues